6 Cara Mencegah HIV, Satu dari Sekian Jenis Penyakit Paling Mematikan di Dunia

Strain Baru HIV DitemukanSejalan dengan peringatan hari HIV AIDS sedunia yaitu yang jatuh pada 1 Desember mendatang, maka berbagai macam upaya dilakukan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan cara mencegah HIV. Penyakit yang satu ini memang masuk sebagai salah satu jenis masalah kesehatan yang banyak menelan korban jiwa. Bahkan tak tanggung-tanggung sebagian besar diantaranya adalah remaja, disebabkan oleh berbagai macam faktor, diantaranya adalah kebiasaan seks bebas hingga pemakaian obat-obatan terlarang.

Penyakit HIV ini sangat berbahaya karena memang ia menyerang sistem imuns atau kekebalan tubuh, dengan cara melemahkannya. Sehingga jika seandainya sistem imuns tersebut seharusnya bekerja untuk mencegah penyakit datang menyerang dengan cara melawan kuman atau bakteri dan benda-benda asing yang menyerang tubuh, maka dalam kondisi ini berlaku sebaliknya. Justru dengan sistem imuns dilemahkan berbagai jenis virus dan juga bakteri akan lebih mudah menyerang tubuh, akibatnya berbagai macam resiko komplikasi juga semakin tinggi. Inilah yang membuat penderitanya bisa dengan mudah meregang nyawa karena serangan beragam jenis penyakit secara bersamaan.

Namun jangan khawatir karena sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk terhindar dari penularan penyakit yang satu ini, berikut ini diantaranya:

  1. Kenali terlebih dahulu bagaimana cara penyakit ini menular kepada manusia, diantaranya adalah lewat darah, kemudian juga ASI, air mani atau cairan vagina hingga luka dimana terjadi kontak dengan penderitanya. Pastikan juga bahwa Anda berhati-hati jika seandainya ingin berinteraksi dengan ODA atau orang-orang yang sudah terkena penyakit tersebut, karena mungkin nantinya akan terjadi resiko penularan yang pastinya juga berbahaya.
  2. Menghindari konsumsi alkohol dan juga obat-obatan terlarang, tidak dapat dipungkiri bahwa pada dasarnya dua hal ini paling rentan menyebabkan seseorang terjangkit HIV dan juga AIDS. Resikonya sangat tinggi bagi pecandu alkohol dan juga obat-obatan terlarang untuk terkena penyakit berbahaya tersebut. Untuk itu ada baiknya dihindari mulai dari sekarang agar tidak sampai tertular, apalagi jika seandainya lingkungan pergaulan Anda seperti ini.
  3. Melakukan hubungan seksual secara aman, apalagi bagi yang terbiasa melakukan seks bebas, maka sekarang harus berhati-hati. Karena sangat mungkin nantinya Anda akan tertular penyakit tersebut. Ada baiknya untuk selalu menggunakan kondom ketika melakukan hubungan seksual, apalagi dengan sembarangan orang di luar sana.
  4. Jangan pernah berbagi jarum suntik atau alat-alat suntik kepada orang lain, apalagi jika seandainya jarum tersebut sudah bekas atau pernah digunakan sebelumnya, mungkin bukan HIV saja, melainkan juga resiko penularan penyakit yang lainnya tidak kalah berbahaya.
  5. Lakukan pemeriksaan secara rutin, termasuk pada diri sendiri maupun juga bersama dengan pasangan Anda, diantaranya adalah melakukan medical checkup untuk melihat berbagai macam kemungkinan. Termasuk diantaranya adalah resiko terjangkit penyakit yang satu ini.
  6. Hindari untuk menyentuh darah maupun cairan tubuh dari orang lain, karena memang pada dasarnya Anda sendiri tidak pernah tahu siapa saja yang terkena penyakit HIV dan AIDS ini, jadi hendaknya hindari kontak dengan berbagai macam cairan tubuh, entah itu darah, ASI, air mani, cairan vagina dan sebagainya.

Itulah beberapa cara mencegah HIV yang bisa Anda terapkan. Di Indonesia semakin lama jumlah orang yang menderita penyakit mematikan ini semakin tinggi, hanya saja banyak diantaranya yang tidak mau menjalani rehabilitasi atau pengobatan, sehingga kemungkinan untuk menularkannya juga semakin tinggi.