Cadangkan Otavio Dutra, Aji Santoso Prioritaskan Kebugaran Pemain

Cadangkan Otavio Dutra, Aji Santoso Prioritaskan Kebugaran Pemain            Keputusan pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, yang mencabut nama Otavio Dutra dari daftar starter ketika timnya bertandang ke Madura United pada Senin (2/12) malam bukan disebabkan oleh tekanan dari suporter. Menurut Aji, keputusannya untuk mencadangkan Dutra sepenuhnya dipengaruhi faktor teknis, secara spesifik, yaitu mengenai kebugaran pemain.

            Seperti dilansir situs berita bola Indonesia, Bola Nusantara, Dutra tidak dimainkan sejak menit awal ketika melawan Madura United. Dalam pertandingan tersebut, pemain berdarah Brasil itu baru memasuki pertandingan di menit ke-62, menggantikan Hansamu Yama. Ketika ditanya apakah hal ini disebabkan oleh kekecewaan Bonek, pendukung setia Persebaya, yang membuat petisi untuk “Parkir Otavio Dutra Sampai Akhir Musim”, Aji menampik hal tersebut.

            “Bukan karena petisi tidak memainkan Dutra. Saya yang tahu keseharian pemain di lapangan. Pertimbangannya recovery, karena sangat mepet. Saya tekankan ke pemain, pemain yang saya turunkan dalam keadaan bugar, bukan karena faktor apapun.” tegas Aji kepada media usai pertandingan.

            Aji turut memuji performa pemainnya, apalagi di laga sebelumnya Persebaya ditahan imbang oleh juru kunci klasemen, Semen Padang, pada Kamis (29/11) silam dengan skor 1-1. Persebaya yang sempat tertinggal 2-1 di pertandingan ini, berhasil mengembalikan keadaan dan menang dengan skor 3-2.

            “Saya sangat apresiasi kerja keras semua pemain, baik starter hingga pengganti. Saya mainkan Dutra, Alwi (Slamat), dan Irfan (Jaya). Terbukti permainan jadi efektif dan dinamis dan Irfan bisa cetak gol,” tambahnya lagi.

            Kemenangan di derby Suramadu ini mengangkat peringkat Bajul Ijo ke peringkat ke-7 klasemen sementara Liga 1 2019 dengan koleksi 42 poin dari 30 pertandingan. Selanjutnya, Persebaya akan menjamu Bhayangkara FC pada Minggu (8/12) mendatang.