Cara Mudah dan Cepat Memahami Grammar Bahasa Inggris

Cara Mudah dan Cepat Memahami Grammar Bahasa InggrisIstilah grammar pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kamu terutama ketika sedang berhadapan dengan pelajaran atau mata kuliah bahasa inggris. Grammar selalu disinggung karena merupakan dasar pembelajaran bahasa inggris yang sangat penting.

Jadi sebenarnya grammar itu apa? Singkatnya, grammar adalah aturan yang berkaitan tentang struktur kata yang dibutuhkan untuk membangun sebuah kalimat.

Sehingga dalam praktiknya penyusunan sebuah kalimat tidaklah dilakukan sembarang, melainkan perlu mengikuti kaidah yang ada.

Perlu kamu ketahui bahwa dalam bahasa inggris grammar terdiri dari 8 bagian atau lazim disebut part of speech. Diantaranya adalah :

  1. Pronoun (Kata ganti)
  2. Noun (Kata benda)
  3. Verb (Kata kerja)
  4. Adjective(Kata sifat)
  5. Adverb (Kata keterangan)
  6. Determiner
  7. Preposition (Kata depan)
  8. Conjunction (Kata hubung)

Wah banyak juga ya! Tidak sulit kok, kamu pasti bisa pahami satu persatu part of speech dengan mudah. Setidaknya kamu pernah bertemu dengan materi ini di SMP dan SMA sehingga akan mempermudah proses pemahaman kamu.

Jika kesulitan atau enggan untuk mempelajari part of speech apakah ada cara lain yang bisa ditempuh? Part of speech sebenarnya merupakan kunci utama untuk memahami grammar dengan baik. Namun bila kamu ingin mengabaikannya, ada cara jitu yang bisa kamu ikuti untuk memahami grammar dengan mudah dan cepat.

Understanding Formula Tenses

Memahami keseluruhan tenses secara utuh akan mempermudah kamu dalam membangun sebuah kalimat dengan baik dan benar. Mengingat ada 16 tenses dalam bahasa inggris, kamu hanya perlu menghafal tiap-tiap rumusnya saja. Dengan demikian kamu bisa membuat kalimat yang sempurna dengan menggunakan rumus-rumus tersebut.

Contohnya, Simple Past Tense, yang digunakan untuk mengungkapkan kejadian yang telah terjadi di masa lampau. Berikut adalah rumus Simple Past Tense.

            Subject + Verb II

Berikut adalah contoh penerapan Simple Past Tense dalam kalimat.

            He changed his mind last night. (Ia mengubah pikirannya tadi malam)

            He went to the Cinema with his girlfriend last saturday. (Ia pergi ke bioskop dengan

pacarnya sabtu lalu)

His girlfriend asked him to buy cosmetics while at the mall yesterday (Pacarnya

memintanya untuk membelikan alat kosmetik saat di mall kemarin)

How or Why

Dalam penggunaan tenses, hal yang perlu diperhatikan adalah apakah menjawab pertanyaan : Bagaimana menggunakan tenses? Kenapa tenses tersebut harus digunakan?

Contohnya, pada Simple Past Tense, dapat kita gunakan jika kejadian telah berlangsung di masa lampau. Untuk mengetahuinya tentu saja kita harus fokus terhadap keterangan waktu yang terdapat dalam kalimat.

Maka yang perlu kamu lakukan adalah membuat rangkuman mengenai rumus tenses dan keterangan waktu yang menyertainya.

Contohnya dalam Simple Past Tense :

            Randi sang a romance song to his girlfriend last night.

            (Randi menyanyikan lagu romantis untuk pacarnya tadi malam)

Take a Practice

Teori tanpa latihan hanya akan berujung sia-sia. Disaat teori sudah kamu pahami namun tidak berusaha melatihnya sekalipun perlahan ingatan tentang teori tersebut akan memudar dan kamu pun cepat lupa.

Maka cara yang paling efektif adalah langsung mempraktekannya disaat teorinya sudah kamu kuasai. Ingat kembali rumus-rumus tensesnya, lalu tuliskan kalimat dari tiap-tiap tenses, dan coba kamu ucapkan dengan baik. Lakukan langkah-langkah tadi secara berulang di setiap harinya.

Masih belum paham? Kamu bisa manfaatkan aplikasi Cakap. Belajar grammar bahasa Inggris jadi lebih gampang. Belajar dimana dan kapan saja.