Fakta-fakta Menarik Tentang Biji Kopi Robusta

Fakta-fakta Menarik Tentang Biji Kopi Robusta

Bagi para penikmat kopi pasti sudah tahu jenis-jenis kopi yang ada di pasaran yaitu Robusta, Arabika, dan Liberika. Setiap kopi memiliki rasa, takaran, dan proses roasting hingga penyeduhan yang berbeda. Kopi robusta menjadi salah satu jenis kopi favorit yang dinikmati di seluruh dunia. Untuk mengenal kopi robusta lebih mendalam maka akan dibahas mengenai fakta-fakta menarik kopi robusta.

Kopi Robusta Memiliki Rasa yang Lebih Pahit dan Efek Lebih Kuat

Kopi robusta dan kopi arabika merupakan dua jenis biji kopi yang paling umum dikonsumsi karena keduanya memiliki rasa yang nikmat dikonsumsi sehari-hari dan juga memiliki kualitas yang tinggi. Tentu saja keduanya memiliki perbedaan yang terletak pada cita rasanya yang berbeda. Kopi robusta memiliki rasa yang lebih pahit dan aromanya cenderung kuat sedangkan kopi arabika memiliki rasa yang lebih manis dan lembut.

Meskipun memiliki rasa yang lebih pahit dan juga aroma yang kuat, nyatanya banyak yang menyukai kopi robusta karena banyak penikmat kopi yang suka rasa kopi yang lebih pahit. Apalagi rasa pahit ini juga menandakan bahwa kadar kafein di kopi robusta tinggi yaitu 2 kali lipat dari kandungan kafein arabika yaitu 1.5-3.3%.

Bentuk Kopi Robusta

Setiap biji kopi juga memiliki bentuk yang berbeda. Biji kopi robusta memiliki bentuk biji yang lebih bulat dan juga belahan di bagian tengah biji lebih lurus sedangkan kopi arabika bentuknya lebih lonjong dan garis belahan di bagian tengah biji bergelombang.

Biji Kopi Robusta Mudah Tumbuh di Dataran Rendah

Di dataran rendah dengan ketinggian 100-800 meter di atas permukaan laut merupakan lingkungan yang tepat untuk pertumbuhan biji kopi robusta. Dataran rendah di Indonesia bisa dibilang sangat banyak sehingga cocok dijadikan sebagai lingkungan untuk pertumbuhan biji kopi robusta misalnya seperti di Sumatera Selatan dan Provinsi Lampung yang mampu menghasilkan biji robusta dalam jumlah yang banyak.

Biji Kopi Robusta Dapat Tumbuh di Cuaca Panas

Biji kopi robusta dapat beradaptasi dengan baik meskipun cuaca sedang panas. Sedangkan biji kopi arabika hanya dapat tumbuh baik di suhu yang rendah sekitar 18-22 derajat celcius dan maksimal tidak melebihi 30 derajat celcius.

Indonesia Termasuk Produsen Terbesar Kopi Robusta

Indonesia termasuk produsen kopi robusta terbesar yang menduduki peringkat ke-4 setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia. Bahkan membuat Indonesia menjadi negara eksportir biji kopi terbesar di dunia pada peringkat ke-13. Pencapaian ini tentu patut diacungi jempol karena kopi robusta sangat dinikmati hingga masyarakat di seluruh dunia.

Bagi anda penikmat kopi robusta tidak perlu lagi repot karena sudah bisa menyajikannya di rumah hanya butuh waktu tidak sampai 1 menit. Caranya yaitu dengan menggunakan Nescafe Classic yang 100% terbuat dari biji kopi robusta setelah itu diseduh dengan air panas sesuai dengan takaran untuk secangkir kopi yang autentik.