Jenis Lantai yang Biasa Dipakai Pada Rumah Terkini

Jenis Lantai yang Biasa Dipakai Pada Rumah TerkiniJenis lantai rumah yang akan digunakan tentu tidak bisa diputuskan secara sembarangan. Karena Anda harus memperhatikan banyak hal seperti harganya, model, desain, ukuran, serta tekstur permukaannya. Karena jika salah pilih maka keuangan dapat jebol serta dapat mencelakakan anggota keluarga.

Karena itulah, pemilihan lantai ini perlu dilakukan sedini mungkin. Karena setelah bangunan selesai Anda harus segera memasang lantai tersebut. Tentu mempersiapkan lantai ini akan menghemat waktu sehingga Anda dapat menempati rumah baru secepat mungkin.

Tentunya jenis lantai yang ada sangat beragam serta memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.Karena itu penting untuk mengetahui berbagai karakteristik lantai tersebut agar Anda dapat memilih lantai yang terbaik untuk kebutuhan serta keadaan keuangan Anda.

5 Jenis Lantai yang Biasa Digunakan Pada Rumah

Mengambil sumber dari Harapan Rakyat setidaknya terdapat 5 jenis dari lantai yang biasa dipakai di rumah-rumah saat ini. Berikut ini merupakan pilihan lantai yang dapat Anda pilih untuk digunakan di rumah masing-masing.

  1. Lantai Marmer

Lantai yang terbuat dari marmer biasanya memiliki tampilan yang sangat mewah. Lantai ini terbuat dari batu alam yang terkenal kokoh. Hal inilah yang membuat lantai marmer memiliki harga yang mahal karena tidak mudah dibuat dan membutuhkan waktu untuk membuatnya.

Lantai ini juga memiliki corak serta tekstur yang berbeda-beda, sehingga Anda memiliki banyak opsi dengan memiliki jenis lantai ini. Namun, jangan tempatkan lantai ini di luar ruangan karena bisa membuatnya mudahberjamur dan warnanya akan pudar terkena sinar matahari langsung.

  1. Lantai PVC

Lantai jenis ini biasa dikenal dengan nama vinyl yang terbuat dari campuran kapur, batu gamping serta stonesalt. Oleh karena itu, Anda dapat menemukan berbagai lantai vinyl dengan warna, tekstur dan corak yang berbeda-beda. Kelebihan lain dari lantai satu ini adalah tahan air, tahan lembab, harga lebih terjangkau, relatif kuat serta dapat meredam getaran injakan kaki.

  1. Lantai Keramik

Lantai yang terbuat dari keramik tentu tidak asing lagi bagi Anda sekalian. Karena lantai ini merupakan yang paling banyak digunakan, dikarenakan motifnya yang menarik dan cukup beragam. Penggunaan lantai satu ini dapat disesuaikan dengan ruangan yang ada. Contohnya saja untuk kamar mandi dapat memakai lantai keramik dengan tekstur lebih kasar agar tidak mudah tergelincir.

Namun, untuk ruangan kamar tidur gunakanlah lantai keramik yang lebih tebal serta kualitas lebih baik. Karena suhu dalam kamar dapat naik dan turun secara mendadak sehingga lantai keramik biasa dapat mudah rusak dan membuat Anda tidak nyaman nantinya.

  1. Lantai Laminasi

Jenis lantai ini sekilas terlihat mirip dengan lantai kayu namun perbedaannya terdapat permukaannya yang lebih halus dan mengkilap dari lantai kayu biasa. Lantai ini biasa digunakan pada rumah atau kantor yang ingin membuat tema alami pada ruangannya.

Lantai jenis ini juga lebih murah daripada memakai kayu biasa sehingga Anda dapat menghemat budget yang dimiliki. Akan tetapi, lantai laminasi rentan dari serangan rayap, mudah lapuk jika terkena air dan umur pemakaian semakin cepat jika diletakkan perabotan yang berat.

  1. Lantai Tegel

Lantai ini pastinya tidaklah asing bagi warga Indonesia karena telah umum digunakan mulai pada zaman dahulu sampai saat ini karena itulah lantai tegel mudah ditemukan. Pemakaian lantai satu ini sangat cocok jika Anda adalah orang yang menyukai gaya klasik.

Kelebihan utama lantai ini harganya yang umumnya lebih murah, perawatan lebih mudah karena mudah dibersihkan, nyaman di telapak kaki karena terasa sejuk ketika diinjak, pemakaiannya juga cukup fleksibel karena membuat ruangan terasa lebih nyaman. Namun, Anda perlu menjaga lantai ini dari cairan kimia dengan sifat asam karena bekas nodanya akan sulit untuk dihilangkan.

Demikianlah 5 pilihan jenis lantai yang dapat Anda gunakan. Semua jenis lantai ini biasa digunakan di berbagai perumahan. Tentu pilihan ini bergantung kepada selera serta keadaan Anda. Akan tetapi, pilihlah lantai yang terbaik dengan bijaksana. Karena yang terpenting merupakan keselamatan keluarga kemudian diikuti dengan keindahan serta alokasi dana yang dimiliki.