Kurangi Risiko Kanker Payudara dengan 5  Makanan Ini!

Kurangi Risiko Kanker Payudara dengan 5  Makanan Ini!

Kanker payudara merupakan salah satu momok menakutkan bagi sebagian besar wanita, tapi ada pula kasus kanker payudara pada pria. Supaya Anda terbebas dari risiko kanker ini, sebaiknya lakukan pola hidup yang lebih sehat sejak dini. Bila ada riwayat kanker payudara dalam keluarga, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter saat menemukan benjolan di payudara yang mengarah pada gejala awal kanker.

Makanan yang Efektif Mencegah Sel Kanker Berkembang

Pola makan yang baik dan sehat merupakan upaya mencegah sel kanker menyebar ke jaringan tubuh Anda. Tentu Anda harus tetap melakukan olahraga rutin dan gaya hidup sehat lainnya. Jenis makanan yang mengandung nutrisi tinggi bisa mendukung kesehatan Anda lebih optimal dibandingkan orang yang suka konsumsi junk food atau makanan tidak sehat lain. Berikut rekomendasi jenis makanan yang bisa mencegah sel kanker payudara berkembang dalam tubuh Anda yaitu :

1.                 Sayur dan buah kaya flavonoid

Pertimbangkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya flavonoid dari buah dan sayuran di sekitar. Anda bisa memasukkan kale, brokoli dan wortel dalam menu sayur harian, sedangkan buah yang kaya flavonoid antara lain buah persik dan keluarga berry.

2.                 Sayur dan buah kaya karotenoid

Selain flavonoid, karotenoid efektif mencegah sel kanker payudara menyebar semakin cepat. Anda bisa makan buah dan sayuran yang berwarna oranye, kuning, merah tua atau hijau tua, misalnya ubi jalar, kol, aprikot, tomat, dan lain-lain.

3.                 Makanan yang tidak sebabkan obesitas

Pilih makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda dan tunggal dalam menu harian Anda guna mencegah kanker payudara menyebar lebih cepat. Lemak yang sehat dibutuhkan tubuh tanpa menimbulkan risiko peningkatan berat badan, misalnya alpukat, kacang-kacangan, penggunaan minyak zaitun, dan sebagainya. Orang yang alami obesitas rentan terkena penyakit kardiovaskuler, termasuk kanker.

4.                 Produk nabati

Lauk berupa protein nabati bisa Anda masukkan dalam daftar makanan sehat harian, misalnya tempe dan tahu. Boleh juga menambahkan menu nabati yang lebih enak dan menyehatkan seperti camilan kacang edamame dan susu kedelai yang mengandung antioksidan tinggi dalam menangkal radikal bebas.

5.                 Oatmeal dan jagung

Anda yang rajin mengkonsumsi beras cokelat bisa memiliki risiko kanker payudara yang lebih rendah. Selain beras cokelat, jenis biji-bijian yang bisa mengurangi risiko kanker payudara yaitu oatmeal dan jagung yang kaya serat, magnesium dan protein tinggi.

Pola hidup yang lebih baik dengan konsumsi makanan bernutrisi bisa membuat tubuh Anda lebih sehat dan bebas risiko kanker. Namun, Anda tidak boleh mengabaikan gaya hidup sehat dengan rajin olahraga, minum dan istirahat cukup serta mengelola stress dengan optimal.

Bila Anda menemukan gejala yang mengarah pada kanker payudara seperti terdapat benjolan di payudara, puting mengeluarkan cairan nanah, perubahan tekstur kulit, payudara bengkak dan nyeri, maka segera lakukan pemeriksaan dan penanganan ke dokter sekarang juga.