Mengenal Jasa Iklan Adwords dan Cara Kerjanya

Mengenal Jasa Iklan Adwords dan Cara KerjanyaWebsite merupakan salah satu media yang bisa digunakan untuk melakukan bisnis, seperti toko online, atau penawaran jasa lain secara online. Tentunya kita membutuhkan pengunjung untuk bisa mendapatkan keuntungan, jalan untuk mendapatkan pengunjung ini salah satunya adalah melalui iklan. Ada banyak sekali pilihan jasa iklan, salah satunya jasa iklan adwords.

Tentang Jasa Iklan Adwords

Google merupakan salah satu platform media online terbesar yang memberikan banyak sekali fasilitas untuk penggunanya. Salah satunya adalah Google Adwords, yang memiliki fungsi sebagai jasa pemasaran online. Google Adwords merupakan salah satu platform iklan yang memang disediakan oleh Google melalui Google Advertising.

Dengan menggunakan jasa iklan adwords ini, Anda bisa memasarkan website dengan lebih massif. Selain itu, Anda juga bisa menentukan target pembaca, caranya adalah melalui kata kunci atau keyword, topik, waktu dan lokasi. Selain itu biaya yang dibutuhkan untuk layanan iklan ini juga sangat terjangkau, jadi Anda bisa menghemat biaya pengeluaran.

Jika ingin lebih paham dengan Google Adwords, sekarang Anda bisa mencoba buka mesin pencari Google. Lalu ketikan kata apa saja, misalnya “topi gunung”. Setelah hasil pencarian muncul, coba teliti beberapa website pada halaman pertama dan paling atas. Pasti ada tambahan “Ad” di ujung kiri alamat websitenya.

Website yang terdapat simbol “Ad” pada bagian kiri atasnya itu adalah hasil dari jasa iklan adwords. Jadi,website yang ingin dipromosikan akan langsung muncul pada halaman pertama dan pada posisi teratas di mesin pencari Google. Dengan begitu, pengunjung akan lebih mudah menemukan website Anda dan bisa langsung bertransaksi.

Cara Kerja Jasa Iklan Adwords

Cara kerja dari jasa iklan ini sebenarnya cukup simple. Pertama, Google Adwords akan menentukan terlebih dahulu semua keyword sesuai dengan pencarian. Lalu, selanjutnya Google akan memilih iklan berdasarkan dengan skor kualitas, eksistensi dan format yang sesuai dengan produk atau keinginan pelanggan, proses ini disebut dengan lelang.

Setelah tiga proses tersebut, iklan yang hasil lelang akan ditampilkan. Sebelum itu, ada sebuah proses scoring yang dilakukan oleh Google Quality Score, yang memiliki tugas untuk melakukan penilaian relevansi isi iklan dengan yang dicari oleh pelanggan. Didalamnya terdapat beberapa kriteria utama, berikut di antaranya.

1. Relevansi Landing Page

Iklan dan isi yang diiklankan harus sesuai, jika tidak hal tersebut akan menyebabkan yang namanya bounce rate tinggi, hal tersebut mengindikasikan ketidaksesuaian isi iklan dengan konten landing page. Sehingga, pada poin ini jangan sampai isi iklan berbeda dengan landing page.

2. Perkiraan Click Through Rate

Point ini adalah hal yang terpenting, karena akan memperkirakan seberapa banyak orang yang akan meng-klik iklan tersebut. Semakin tinggi CTR maka akan semakin tinggi peluang iklan tersebut akan ditampilkan.

3. Relevansi Keyword

Kriteria terakhirnya adalah bagaimana relevansi isi iklan dengan keyword. Tentunya, peluang ditampilkannya iklan oleh Google akan melihat relevansinya dengan isi yang diiklankan. Google akan memberikan penilaian berupa point, mulai dari 10 yang tertinggi dan yang terendah adalah 1.

Saat membuat iklan pastikan bahwa keyword Anda memiliki nilai atau point yang besar. Hal tersebut berhubungan dengan biaya yang dikeluarkan. Jika, point yang Anda dapatkan rendah, maka Anda harus membayar iklan lebih mahal, karena Google harus berupaya keras untuk memasarkan keyword yang relevansinya rendah.

Sebaliknya, jika point relevansi keywordnya tinggi, misalnya 10. Maka harga per klik dari setiap iklan akan lebih murah. Oleh karena itu, penting sekali untuk memperhatikan soal keyword. Jika semua proses sudah selesai, maka Anda bisa sendiri website Anda akan ditampilkan di halaman depan. Itulah sedikit gambaran tentang cara kerja jasa iklan adwords.