Pemicu Kondisi Malnutrisi Pada Anak

Pemicu Kondisi Malnutrisi Pada Anak

Pengertian Malnutrisi

Malnutrisi adalah keadaan tubuh anak yang kekurangan nutrisi. Kondisi ini biasanya banyak dialami oleh negara-negara miskin dan berkembang. Umumnya anak yang mengalami malnutrisi berada di bawah usia 5 tahun.

Padahal usia tersebut ialah usia penentu bagi perkembangan anak dewasa nanti. Di usia tersebut anak sedang membutuhkan banyak nutrisi. Selain untuk pertumbuhan badannya juga untuk perkembangan kecerdasan otaknya.

Di Indonesia sendiri kondisi malnutrisi masih bisa ditemui. Khususnya di daerah terpencil dan jauh dari pusat kota. Hal itu dikarenakan kurangnya makanan bergizi ataupun mahalnya makanan bergizi di daerah tersebut, sehingga masyarakat sulit untuk menjangkaunya. Akibatnya, mereka hanya makan-makanan seadanya.

Penyakit malnutrisi ini terbagi menjadi 2. Yang pertama adalah marasmus yakni kekurangan sumber energi (karbohidrat) dan protein. Yang kedua adalah kwashiorkor yaitu kondisi dimana kekurangan protein tubuh. Karbohidrat dan protein adalah sumber utama nutrisi bagi tubuh.

Penyebab Malnutrisi Dapat Terjadi

Mengapa malnutrisi ini dapat terjadi? Apa penyebabnya? Berikut penjelasannya.

  1. Tingkat Kemiskinan yang Tinggi

Kondisi ekonomi yang rendah membuat beberapa orang harus menghemat untuk membeli makan. Bahkan harus menahan lapar karena tidak memiliki uang. Ini menjadi masalah utama di negara berkembang seperti di Indonesia.

  1. Lingkungan yang Kumuh

Lingkungan kumuh tentu menjadikan anak tidak nyaman dalam tumbuh kembangnya. Selain itu, lingkungan yang kumuh juga terdapat banyak penyakit di dalamnya.

  1. Kurangnya Edukasi Orang Tua

Ketidaktauan orang tua akan pentingnya nutrisi pada anak membuat beberapa anak dibiarkan memiliki tubuh kurus. Padahal ini merupakan hal yang bisa berbahaya bagi anak. Orang tua hendaknya memberikan makanan yang bergizi pada anak. Memberikan makanan yang sehat. Tidak memberikan makanan yang terlalu mengandung banyak pengawet.

  1. Adanya Penyakit

Penyakit pada anak membuat pertumbuhannya tidak maksimal meskipun telah diberikan berbagai macam makanan. Hendaklah untuk mengobati penyakit yang diderita pada anak sesegera mungkin, agar tidak bertambah menjadi lebih parah. Adanya penyakit membuat anak tidak bisa menyerap gizi dengan baik, yang berakibat pada buruknya gizi pada anak tersebut.

angkah lebih lanjut, kondisi malnutrisi ini bisa diatasi dengan memberikan susu penambah berat badan anak. Karena susu tersebut mengandung nutrisi berlebih bagi anak. Seperti protein, lemak, dan karbohidrat yang penting bagi tubuh.

Kesimpulan

Kondisi kekurangan nutrisi pada anak perlu diatasi. Perlu untuk memenuhi kebutuhan gizi pada anak-anak. Anak-anak merupakan harapan bangsa di masa depan. Jika nutrisi anak dari awal tidak terpenuhi, maka akan berdampak pada terhambatnya pertumbuhan anak.

Inilah peran pemerintah untuk menyediakan bahan pangan yang murah dijangkau bagi masyarakat di daerah pelosok. Agar kebutuhan gizi mereka tercukupi. Bagi yang sudah paham akan pentingnya gizi bagi anak, maka perlulah untuk mensosialisasikan kepada orang-orang di sekitar akan pentingnya hal tersebut.