Rumah Inden atau Ready Stock, Lebih Baik Mana?

Rumah Inden atau Ready Stock, Lebih Baik Mana?Properti seperti rumah bisa dibilang hal yang memang diperlukan setiap orang. Kini, Anda bahkan bisa membeli rumah dengan mudah baik itu yang inden ataupun yang sudah jadi melalui KPR bila dana yang dimiliki kurang. Dengan KPR, Anda bisa wujudkan rumah imajinasimu lebih mudah. Namun, rumah inden dengan ready stock, lebih baik mana?

Keuntungan Beli Rumah Ready Stock

Rumah ready stock atau yang sudah jadi adalah salah satu pilihan yang bisa Anda ambil bila menginginkan rumah segera. Anda bisa membelinya dengan cara KPR untuk memudahkan. Bila Anda memilih untuk membeli rumah inden, ini dia keuntungannya!

  1. Bisa Langsung Melihat Kualitas Rumah

Salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan bila pilih membeli rumah ready stock adalah Anda bisa melihat langsung bagaimana kualitas dari rumah tersebut. Ini adalah pilihan terbaik untuk Anda yang ingin tahu bentuk fisik dari rumah yang akan dibeli dan tak ingin seperti membeli kucing dalam karung.

Membeli rumah ready stock, itu artinya Anda bisa tahu kualitas bangunan yang tersedia, bagian yang belum maksimal dalam tahap pembangunan dan perlu diperbaiki dan lainnya. Semua bisa terlihat jelas dan Anda bisa mempertimbangkannya lebih matang.

  1. Lingkungan di Sekitar Rumah Sudah Memadai

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan bila memilih membeli rumah ready stock adalah lingkungan di sekitar rumah biasanya sudah memadai. Keadaan di sekitar rumah biasanya sudah memiliki berbagai fasilitas umum yang dibutuhkan seperti jalan raya, mushola dan lain sebagainya.

Akses jalan yang ramai, tetangga yang cukup banyak dan tersedianya fasilitas penunjang tentunya akan membuat Anda lebih betah tinggal di sana. Anda juga bisa lebih mudah mendapatkan berbagai kebutuhan.

  1. Tak Perlu Mengontrak Lebih Lama

Keuntungan lain yang bisa Anda dapat dengan membeli rumah ready stock baik dengan langsung lunas atau kredit rumah mudah dengan KPR adalah Anda tak perlu mengontrak rumah lebih lama.

Dengan memesan rumah yang ready stock, Anda tak perlu keluar uang lebih untuk biaya tempat tinggal. Sebab, rumahnya sudah jadi dan siap untuk dihuni. Dengan begitu, tentunya Anda tak perlu keluar biaya tambahan dan lebih hemat.

Bagaimana dengan Kerugiannya?

Tentu saja, membeli rumah ready stock berarti Anda juga harus siap dengan kerugian yang bisa mengintai. Hal yang paling pasti adalah Anda harus bersiap dengan kemungkinan renovasi ketika membeli rumah ini. Bisa saja ada bagian rumah yang rusak atau butuh perbaikan baik itu ringan ataupun parah.

Itu karena bangunan tersebut sudah berdiri lama. Paling tidak, Anda harus mendekorasi ulang rumah tersebut agar sesuai dengan desain yang diinginkan. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda lebih teliti pada saat mengecek langsung di lokasi dan memeriksa detail bangunannya.

Keuntungan Membeli Rumah Inden

  1. Anda Akan Menerima Kondisi Rumah dalam Keadaan Baru

Begitu juga dengan rumah inden atau yang belum jadi. Anda tentu akan menghadapi kelebihan yang dimilikinya. Salah satunya adalah Anda akan menerima rumah tersebut dalam kondisi baru alias tak perlu melakukan perbaikan. 100% kondisi rumah biasanya dalam keadaan baik.

Rumah inden juga rata-rata memiliki konsep minimalis yang tentunya bisa jadi bahan investasi. Anda bisa saja menyewakannya ke orang lain bila belum mau menempatinya sendiri.

  1. Bisa Langsung Mengajukan Permintaan Khusus pada Pengembang

Bila Anda menginginkan desain rumah yg bikin relax, membeli rumah inden bisa jadi pilihan terbaik. Pasalnya, Anda bisa langsung mengajukan permintaan khusus pada pengembang semisal meminta desainnya. Anda bisa meminta pihak pengembang agar membangun rumah tak sama persis dengan rumah di sekitarnya.

Meski biasanya Anda akan dikenakan tarif tambahan untuk ini, namun tak masalah, kan, asalkan Anda mendapatkan rumah yang sesuai dengan imajinasi? Pihak developer biasanya tak mempermasalahkan itu juga.

Kerugiannya?

Tentu saja, di balik keuntungan membeli rumah inden, Anda juga akan mendapatkan kerugian jika memilih membeli rumah ini. Salah satunya adalah Anda harus menunggu untuk bisa menghuninya. Anda harus memesan lebih dulu agar rumah bisa diproses pembangunannya dan butuh waktu cukup lama agar proses ini selesai.

Terkadang, waktu yang dibutuhkan pun tidak sesuai dengan yang sudah dijadwalkan. Kerugian lain yang bisa saja Anda dapatkan bila membeli rumah inden adalah lingkungan di sekitar yang belum memadai dan fasilitasnya belum lengkap. Meski tidak semua rumah inden seperti ini, namun Anda harus bersiap menghadapinya bila beli rumah inden.

Nah, setelah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan membeli rumah inden atau rumah ready stock, sekarang Anda putuskan untuk membeli yang mana? Semua tergantung kepada Anda, ya! Agar lebih mudah, Anda bisa membeli rumah dengan KPR. Jadi, Anda tak perlu keluar dana langsung besar untuk dapatkan rumah sesuai dengan imajinasimu.