Seribu Satu Cara Nikmati Espresso Coffee Agar Mendapatkan Cita Rasa yang Hakiki

Seribu Satu Cara Nikmati Espresso Coffee Agar Mendapatkan Cita Rasa yang Hakiki

Kopi adalah minuman yang banyak digemari di segala usia. Bukan karena hanya sebagai teman dikala kantuk tiba, namun kopi bisa sebagai teman bersantai dalam hal apapun. Serasa tanpa kopi  hari-hari terasa belum begitu sempurna. Apalagi di malam yang dingin mencekam. Ada  banyak cara menghidangkan kopi. Hidangan yang sangat fenomenal di kalangan barista  adalah hidangan ala Italia dengan sebutan espresso coffee.

Pembuatan Espresso Coffee

Kopi Espresso dibuat dengan suhu tinggi yang memanfaatkan bubuk kopi yang berbentuk halus. Setelah digiling, bubuk kopi dipadatkan dan di dalam portafilter diratakan supaya menghasilkan hasil terbaik. Dalam penyajiannya, Espresso tampak biasa dan kental, padahal sebenarnya di dalam sajian kopi terdapat lapisan unik yang perlu Anda ketahui.

Lapisan paling atas adalah crema, kemudian di tengahnya adalah cairan kopi yang berada asam dan manis, serta di lapisan terbawah adalah cairan berwarna gelap yang dikenal dengan The Heart of Espresso. Ibarat kenikmatan itu didapat setelah melalui berbagai lapisan kehidupan, sebagaimana kopi Espresso ini, lapisan yang menjadi inti dari Espresso adalah bagian terbawah. Menarik  bukan?

Selama pembuatan, ada dua jenis alat untuk membaut Espresso yakni secara manual dan modern. Sementara untuk penyajian sendiri, dapat secara single slot atau double slot yang disesuaikan dengan selera masing-masing.

 

Berbagai Cara Menikmati Espresso Coffee

Sebenarnya ada banyak cara menikmati kopi espresso, namun bagaimana cara menikmati yang paling tepat. Berikut adalah tahapan-tahapan menikmatinya. Sebaiknya jangan menambahkan gula hanya agar rasa makin sempurna. Hal ini karena akan mengganggu lapisan-lapisan kopi yang sudah diracik. Akhirnya malah Anda tidak merasakan kenikmatan yang hakiki. Kemudian juga jangan menambahkan susu supaya cita rasa espresso coffee tetap terjaga.

Waktu mengkonsumsinya pun dapat disesuaikan dengan mood Anda. Anda bisa meminum kopi espresso setiap saat,  bisa malam hari, pagi hari, siang hari, atau sore hari. Apabila kopi ekspreso sudah tersaji di depan Anda, sebaiknya langsung segera dikonsumsi agar crema di kopi bisa ternikmati segera.

Disamping itu, ada pula cara menikmati yang hampir mirip, tetapi lebih khusus. Jika Anda memesan kopi di bar, setelah pesanan diterima, segera diminum secara cepat. Selama meminum, sebaiknya minum dalam sekali tegukan karena penyajian kopi espresso tiap satu shot hanya sekitar 30 sampai 50 ml. Sebelum meminum, sebaiknya bersihkan langit-langit mulut terlebih dahulu terutama setelah makan dengan sparkling water. Hal ini supaya cita rasa tetap jelas tanpa campuran sisa-sisa makanan. Sebaiknya crema jangan dihilangkan. Hal ini karena di tradisi bangsa Eropa crema menjadi pertanda apakah kopi terasa segar atau tidak. Terakhir, Sebelum meminum, ada baiknya Anda mengenali aroma kopi ekspresso terlebih dahulu agar selama meneguk, aroma bisa lebih dihayati.

Demikian tentang espresso coffee yang perlu di perhatikan dalam menikmatinya Agar cita rasa asli tidak hilang oleh kesalahan yang tidak sengaja. Namun, ada produk espresso kemasan yang lebih praktis yakni kopi kemasan merk Nescafe Dolce Gusto. Produk ini bisa Anda beli sebagai pengganti espresso jika tidak sempat ke bar, kafe, atau barista. Selamat mencoba!